Cara Maksimalkan Printer Foto Anda

Di era Globalisasi saat ini, banyak orang yang aktifitasnya sudah ketergantungan dengan Teknologi Digital ataupun Teknologi Informasi. Dengan Perkembangan Teknologi yang semakin canggih tersebut sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi ataupun dalam menyelesaikan tugas kerja dan tugas kuliah. untuk informasi mengenai Berita Gadget dan untuk mengetahui harga handphone terbaru silahkan kunjungi Cek harga handphone hanya di teknohits.com yang membahas menganai Perkembangan teknologi dan harga handphone terbaru Terbaru.

Cara Maksimalkan Printer Foto Anda

Seperti yang diketahui oleh banyak pemilik printer foto, biaya kertas dan tinta dapat dengan cepat melebihi biaya printer. Enam tips ini akan membantu Anda memaksimalkan printer foto Anda tanpa meninggalkan lubang di saku Anda.

Naikkan Resolusi: Kamera digital apa pun yang berusia kurang dari tiga tahun dapat menangkap setidaknya 1 megapiksel data dengan setiap pemotretan. Ini cukup untuk mencetak foto 4 X 6 inci berkualitas baik; gambar 2 megapiksel menampung informasi yang cukup untuk menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dengan dimensi yang sama. Untuk menghasilkan framing cetak berukuran 8 X 10 inci, Anda membutuhkan resolusi minimal 3 megapiksel. Anda berada dalam posisi yang baik jika memiliki kamera baru karena sebagian besar model baru menawarkan dari 4 hingga 8,1 megapiksel.

Sesuaikan kamera Anda ke resolusi tertinggi saat mengambil foto yang mungkin ingin Anda cetak. Beberapa kamera yang lebih baru, tergantung pada pengaturan menu pabrikan, membuatnya sangat mudah untuk mengubah resolusi.
Simpan Dokumen Asli Anda: Jangan menyimpan gambar yang Anda rencanakan untuk dicetak sebagai JPEG atau dalam format file terkompresi lainnya. Setiap kali Anda mengompres gambar, Anda kehilangan beberapa data. Sebelum bekerja dengan gambar, pastikan tidak diubah dan dalam format TIFF.

Cara Maksimalkan Printer Foto Anda

Tingkatkan Gambar: Percobaan dengan fungsi program pengeditan gambar Anda seperti memotong, kontras, kecerahan, dan kontrol lainnya sampai Anda sepenuhnya puas dengan komposisi gambar. Ingatlah untuk selalu menyimpan file yang diubah dengan nama baru.

Rencanakan Draf Cetak Anda: Jika Anda berencana untuk membuat cetakan uji yang akan Anda buang nanti, kurangi ukuran gambar dan muat printer dengan kertas murah biasa. Perangkat lunak printer Anda memungkinkan Anda mencetak banyak gambar dalam satu lembar.

Gunakan kartu foto matte-finish alih-alih kertas foto glossy saat mencetak gambar 4 X 6 inci. Kartu-kartu ini memiliki tampilan dan nuansa yang bagus, dan harganya hampir setengah dari kertas foto ukuran penuh. Tempatkan gambar yang Anda cetak pada kertas foto glossy 8 X 10 inci di belakang kaca untuk perlindungan tambahan dari sinar ultraviolet, dan gantung jauh dari sinar matahari langsung.

Hemat tinta Anda: Tinta foto khusus dapat memberikan palet warna yang lebih halus bagi printer Anda. Sayangnya, ini datang dengan model khusus, dan jika tinta seperti itu tidak datang dengan model Anda, Anda mungkin harus membelinya secara terpisah dan memasangnya di tempat kartrid tinta standar.

Dalam beberapa kasus, foto yang dicetak menggunakan kartrid serba guna terlihat hampir sama baiknya dengan yang dicetak menggunakan tinta foto. Trik lain yang efektif adalah mencetak foto hitam putih Anda dalam mode warna (dengan kartrid warna standar). Hal ini membuat printer menggunakan semua tinta untuk membuat nada pada gambar Anda, dan hasil cetaknya dapat menjadi sehalus dan seakurat gambar yang dicetak dengan tinta foto.

Dapatkan Kartrid Anda Sesuai: Gunakan kontrol printer Anda untuk menyelaraskan kembali kartrij Anda – terutama jika Anda melihat pita vertikal atau horizontal, garis yang tidak diinginkan, celah, atau warna berdarah pada cetakan Anda. Klik kanan entri printer dalam applet “Printers and Faxes” atau Controlers “Panel”, klik Properties, dan cari opsi perawatan cartridge. Jika menyelaraskan kartrid Anda tidak menyelesaikan masalah, bersihkan kartrid dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil. Gunakan air hanya sebagai pelarut, dan bersihkan hanya kartrid itu sendiri, tidak pernah print head atau pelat nozzle. Selalu luruskan kartrid baru.

Lakukan Good Housekeeping: Dengan menjaga mekanisme printer Anda tetap bersih, Anda akan memastikan bahwa perangkat bekerja dengan baik. Kadang-kadang ledakan dari kaleng udara terkompresi (mudah tersedia di toko elektronik) akan menjaga debu dan serpihan kertas tidak menyumbat jalur kertas dan bagian bergerak lainnya.

Pastikan nozel tinta kecil pada print head Anda bersih dari tinta kering. Meninggalkan sembarang inkjet selama satu atau dua minggu menyebabkan tinta dalam tabung kecil yang memberi makan nozel mengering. Banyak printer inkjet memiliki program pembersihan dalam pengaturannya yang dapat menangani nozel yang tersumbat sebagian. Sayangnya program-program ini menggunakan banyak tinta, jadi gunakan dengan bijaksana. Jika tabung tersumbat dengan buruk, maka Anda akan membutuhkan layanan dari profesional atau kit pembersih inkjet.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *